Tutorial Blog

Kamis, 12 April 2012

Semua Tentang Facebook

Assalamualaikum...
Karena adanya tuntutan profesi, postingan saya ini merupakan tugas dari mata kuliah softskill. Tugasnya sih, yah saya disuruh membuat tulisan yang berisi ulasan tentang salah satu jaring social. Di sini saya akan mengambil contoh jejaring social yang ramai di bicarakan yaitu FB (FaceBook).
Siapa sih yang ga kenal FB (FaceBook)???? Apa ada yang belum punya FB???? Trus ada yang tau ga FB tu apa???? Siapa Pendirinya???? Lha apa manfaat dari FB itu sendiri????
Langsung saja gan cekidot :D
Bismillah...

Sejarah dan Perkembangan  Facebook

   Asal mula Facebook berawal ketika Mark Zuckerberg (saat itu mahasiswa semester II Harvard University) membuat sebuah situs kontak jodoh untuk rekan-rekan kampusnya. Zuckerberg yang terinspirasi dari situs Hot or Not menamai situs buatannya Facemash.com. Metode situs ini yaitu menampilkan dua foto pasangan (pria dan wanita), di mana selanjutnya dua pasangan ini akan dipilih oleh para anggota situs mana pasangan yang paling “hot”. Nah, untuk menampilkan foto-foto pasangan di situs ini, Zuckerberg berupaya dengan segala cara mencari foto-foto rekannya dengan cara keliling ‘door-to-door’ untuk meminta foto.

   Saking nekatnya, Zuckerberg membobol akses jaringan komputer kampusnya untuk mendapatkan foto-foto tambahan. Namun aksi ini diketahui pihak kampus dan mereka selanjutnya memblokir situs Facemash.com diikuti dengan tindakan sanksi kepada Zuckerberg dengan ancaman akan memecatnya dari kampus (walaupun ancaman ini tidak jadi direalisasikan). Atas tindakannya itu, Zuckerberg membela diri dengan mengatakan “Tindakan pihak kampus yang memblokir situs facemash.com memang benar alasannya, namun sayang mereka tidak menyadari potensinya yang bisa saja menjadi alat pendongkrak popularitas bagi kampus itu sendiri”. Ia melanjutkan “Cepat atau lambat, nanti juga akan ada orang lain yang membuat situs serupa”. 

2004

   Tidak kapok, pada semester berikutnya, tepatnya pada tanggal 4 Februari 2004, Zuckerberg membuat sebuah situs baru bernama “The Facebook” yang beralamat URL: http://www.thefacebook.com. Untuk situs barunya ini, Zuckerberg berkomentar sarkas: “Menurutku upaya pihak kampus yang ingin membuat media pertukaran informasi antar civitas akademik yang butuh waktu bertahun-tahun adalah hal yang konyol. Dengan situsku ini, aku bisa mengerjakannya cuma dalam waktu seminggu saja”.

   Saat pertama kali diluncurkan “The Facebook” hanya terbatas di kalangan kampus Harvard saja. Dan sungguh menakjubkan! Dalam waktu satu bulan para penggunanya sudah mencakup lebih dari setengah jumlah mahasiswa Harvard saat itu. Selanjutnya, sejumlah rekan Zuckerberg turut bergabung memperkuat tim thefacebook.com. Mereka adalah Eduardo Saverin (analis usaha), Dustin Moskovitz (programmer), Andrew McCollum (desainer grafis), dan Chris Hughes. 

   Bulan maret 2004, thefacebook.com mulai merambah ke beberapa kampus lain di kota Boston, AS dan juga ke sejumlah kampus ternama seperti Stanford, Columbia, Yale, dan Ivy League. Tak butuh waktu lama, situs ini telah tersebar penggunaannya di hampir semua kampus di AS dan Kanada. Bulan Juni 2004, Zuckerberg, McCollum dan Moskovitz memindahkan markas ke Palo Alto, California. Di sini mereka turut dibantu juga oleh Adam D'Angelo dan Sean Parker. 

Pertengahan 2004, thefacebook.com mendapat investasi pertamanya dari salah seorang pendiri PayPal, Pieter Thiel.

Photobucket, situs awal facebook, tampilan situs awal facebook, sejarah facebook, sejarah fb, asal usul facebook 
2005

   Bulan Mei 2005, thefacebook.com mendapat suntikan dana segar hasil join venture dengan Accel Partners. Tanggal 23 Agustus 2005, thefacebook secara resmi membeli nama domain mereka dari Aboutface.com seharga USD 200.000 dan sejak saat itu penggalan frase “the” tidak dipakai lagi sehingga nama mereka resmi menjadi facebook.com

   Pada tahun 2005 ini juga, facebook telah memperluas jangkauan pengguna ke kalangan pelajar SMA. Masih di tahun yang sama, sejumlah universitas di Meksiko, Inggris Raya, Australia dan Selandia Baru juga sudah bisa menikmati jaringan Facebook. 

2006

   Awal tahun 2006, Facebook diisukan akan diakuisisi oleh sebuah perusahaan dengan harga USD 750 juta, bahkan tawarannya melonjak hingga USD 2 miliar. Namun kabar ini tak terbukti. Pada bulan April 2006, Facebook mendapat suntikan dana segar USD 25 juta hasil investasi dari Peter Thiel, Greylock Partners, dan Meritech Capital Partners. Bulan Mei tahun yang sama Facebook mulai merambah benua Asia melalui India. Di pertengahan tahun, gilliran Israel dan Jerman. Akhirnya pada 11 September 2006, Facebook merubah status registrasinya menjadi “free to join” bagi semua pemilik alamat email valid di seluruh dunia. 

2007

   Bulan September 2007, Microsoft mengumumkan telah membeli 1,6% saham Facebook senilai USD 15 miliar. Dalam pengambilan saham ini juga tercakup kesepakatan bahwa Microsoft memiliki hak untuk memasang iklan mereka di Facebook. Melihat langkah ini sejumlah pemain raksasa lain seperti Google, ViacomFriendster juga mengungkapkan minat mereka untuk berinvestasi di Facebook. Sebelumnya di tahun 2006, Yahoo! telah menawarkan tawaran akuisisi senilai USD 1 miliar. November 2007, seorang miliuner Hongkong Li Ka-shing menanam investasi senilai USD 60 juta di Facebook. 

2008

   Pada Agustus 2008, majalah Business Week melaporkan sejumlah pihak lain telah ikut menanamkan saham di Facebook sehingga diperkirakan nilai Facebook berkisar antara USD 3.75 miliar sampai USD 5 miliar.


2009

   Februari 2009 - Facebook memperkenalkan fitur "Like" Juni 2009- Username Facebook diluncurkan
Oktober 2009 - Facebok mengubah kebijakan privasi Desember 2009 - Pengguna Facebook mencapai 350 juta orang.

2010

   April 2010 - API Open Graph diluncurkan Juni 2010 - Pengguna Facebook mencapai 500 juta orang Agustus 2010 - Facebook Places diluncurkan Desember 2010 - Majalah Time menobatkan Mark Zuckerberg sebagai "Person of the Year".

2011

Januari 2011 - Facebook senilai USD 50 miliar.

2012

   Para pendiri situs jejaring sosial Facebook yaitu Mark Zuckerberg sang penemu dan temen asramanya yaitu Dustin Moskovitz, umut keduanya saat ini 27 tahun. Namun Mark saat ini masuk sebagai orang nomor 35 terkaya di dunia versi majalah Forbes dengan nilai kekayaan US$ 17,5 miliar.

KONSEP

   Facebook memiliki konsep sebagai media jejaring sosial dimana Pengguna dapat membuat profil diri mereka sendiri yang dilengkapi foto/video, daftar ketertarikan pribadi, informasi kontak, dan informasi pribadi lain (tanggal lahir, tempat tinggal,pendidikan, pekerjaan, hobi, dan bisa mendeskripsikan tentang diri sendiri). Para pengguna juga bisa menambah kenalan atau yang biasa kita sebut dengan teman (fitur friends). Trend penggunaan facebook sebagai media jejaring sosial tidak jauh-jauh dari mengekspresikan semua hal yang kita alami, dan membagikannya dengan pengguna lain (yang disebut friends)melaui fitur update status dan diketik di dalam kolom yang bertuliskan “what’s on your mind”yang nantinya akan tampil pada home/timeline. Facebook juga dilengkapi  fitur pesan pribadi (fitur message)  atau umum (disebut dengan wall to wall)  dan fitur obrolan (chating). Mereka juga dapat membuat dan bergabung dengan grup ketertarikan dan “halaman kesukaan” (dulu disebut “halaman penggemar” hingga 19 April 2010).

TEKNOLOGI YANG DIGUNAKAN FACEBOOK

   Facebook menggunakan berbagai layanan, peralatan, dan bahasa pemrograman untuk membuat infrastruktur inti. Pada ujung depan, server mereka menjalankan LAMP (Linux, Apache, MySQL, dan PHP) stack dengan Memcache. 
Linux & Apache
   Bagian ini cukup jelas. Linux adalah Unix seperti kernel sistem operasi komputer. Ini open source, mudah disesuaikan, dan baik untuk keamanan. Facebook menjalankan sistem operasi Linux di Apache HTTP Server. Apache juga open source gratis dan merupakan web server yang paling populer di gunakan.
MySQL
   Untuk database, Facebook menggunakan MySQL karena kecepatan dan kehandalan. MySQL digunakan terutama sebagai penyimpan nilai kunci sebagai data secara acak didistribusikan diantara set besar kasus logis. Contoh-contoh logis tersebar di seluruh node fisik dan load balancing yang dilakukan di tingkat simpul fisik.
Sejauh kustomisasi yang bersangkutan, Facebook telah mengembangkan skema partisi kustom di mana ID global ditugaskan untuk semua data. Mereka juga memiliki skema pengarsipan kustom yang didasarkan pada bagaimana data yang sering dan aktual pada basis per-user. Data yang paling aktual didistribusikan secara acak.
VP Teknologi Facebook, Jeff Rothschild memberikan beberapa rincian pada konferensi pengguna MySQL terakhir. Rothschild mengatakan Facebook sekarang berjalan 10.000 server, termasuk 1.800 server MySQL yang diawasi oleh hanya dua database administrator.
PHP

   Facebook menggunakan PHP karena itu adalah bahasa pemrograman web yang baik dengan dukungan luas dan komunitas pengembang yang aktif dan hal ini baik untuk iterasi yang cepat. PHP adalah bahasa pemrograman script yang dinamis.
Memcache

   Memcache adalah sistem caching memori yang digunakan untuk mempercepat database website dinamis (seperti Facebook). Dengan caching data dan objek dalam RAM untuk mengurangi waktu membaca. Memcache adalah media cache utama Facebook membantu meringankan beban database.
Memiliki sistem caching memungkinkan Facebook untuk bisa sangat cepat memanggil data Anda. Karena tidak harus pergi ke database, memcache hanya akan mengambil data Anda dari cache berdasarkan ID pengguna Anda.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan
Mempunyai banyak fitur-fitur menarik, Seperti :

Aplikasi Game Facebook
Facebook memiliki berates-ratus game online dengan berbagai jenis permainan. Ada beberapa permainan yang popular di mainkan yaitu, Mafia Wars, Café World, Typing Race, Pet Society, Fashion World, Poker, dan lain sebagainya. Game ini dimainakan secara online ketika dalam status log-in fi Facebook.
Karena permainannya sangat beragam membuat Facebook menjadi situs yang sering dibuka oleh pengunanya. Mereka bisa online seharain memainkan game-game tersebut. Yang menarik dari game online yang terdapat di Facebook ini, pemainya bisa berhadapan dengan lawan yang bukan hanya berasal dari suatu Negara.

Aplikasi Kuis
Kuis yang tersedia dalam Facebook sangat bermacam-macam. Dari mulai kuis yang serius menyediakan jawaban yang serius hingga kuis dengan pertanyaan-pertanyaan yang dimaksudkan hanya untuk iseng belaka.

Undangan Virtual
Undanga virtual ini adalah salah satu fitur yang berfungsi secara optimal. Saat ini bila kita merencanakan sebuah acara besar seperti pernikahan atau reuni, maka cukup membuat undangan virtual dan mengundang teman-teman yang ada di friendlist.

Chat
Chat ini memungkinkan pengguna Facebook untuk mengobrol panjang lebar layaknya sedang bertatap muka.

Grub atau Fan Page
Kita dapat bergabung disebuah grub atau Fan page yang ada di Facebook. Misalkan ada grub khusus penggemar OVJ, jika anda slah satu penggemarnya , maka anda sapat menjadi anggota tersebut. Anda akan dikirimkan berita terbaru mengenai OVJ yang dikirimkan lewat message/inbox.

Kekurangan
Sejak pertama diluncurkan hingga saat ini Facebook tak henti melakukan pembenahan di semua layanannya. Program pembenahan sistem di Facebook juga dikejar oleh semakin banyaknya pengguna internet yang mendaftarkan diri di Facebook. Kerapkali pertumbuhan jumlah member Facebook dituding sebagai penyebab terjadinya error atau lambannya koneksi ke server milik Facebook. Bahkan hingga saat inipun fitur Instant Messenger (IM) milik Facebook masih sering dikeluhkan penggunanya karena sering putus nyambung. Hingga terkadang sebuah pesan singkat terkirim lebih dari satu kali. Tentunya ini membuat pengguna kurang nyaman.
Hal ini sangat beralasan karena pertama kali diluncurkan, facebook bukanlah produk dari perusahaan software atau sistem informasi besar seperti Google ,Yahoo! atau Microsoft. Facebook hanyalah kreasi seorang mahasiswa. Wajar jika Facebook terus melakukan pembenahan.
Selain hal-hal tersebut, saya memiliki sedikit ganjalan terkait sistem database otomatisasi di Facebook. Salah satunya adalah diperlukan adanya pembatasan atau teguran bagi user yang mengupdate status terlalu banyak dalam sehari. Saya memiliki banyak teman yang kerap mengupdate status lebih dari 10 kali dalam satu jam. Terkadang sebuah status belum selesai kita beri komentar, status lainnya dari user yang sama sudah di naikkan. Ini kerap merepotkan terutama bagi pengguna facebook mobile atau Web Seluler. Belum lagi dengan adanya Status Generator yang menggunakan sistem penjadwalan otomatis sejenis Sendible, dimana seorang pemilik akun Facebook bisa menuliskan banyak status sekaligus di sebuah situs Status Generator lalu menjadwalnya sesuai kebutuhan untuk diupdate satu persatu.
Selain itu ada juga sistem database kekerabatan di Facebook yang menurut saya janggal. Kini banyak sekali seorang pengguna Facebook dengan leluasa menambahkan seseorang atau lebih sebagai saudara, orang tua atau anaknya di Facebook. Setelah saling konfirmasi mereka lalu menjadi kerabat atau saudara di Facebook. Yang janggal adalah ketika dalam database seseorang yang lebih tua di cantumkan sebagai adiknya. Atau seorang user laki-laki dicantumkan sebagai Saudara Perempuan. Ini aneh. Seharusnya sistem milik Facebook bisa membaca dan mendeteksi apakan pencantuman kekerabatan yang dilakukan oleh seorang pengguna Facebook tersebut valid atau tidak. Jenis kelamin, umur dan hal-hal lainnya perlu di perhatikan. Agar tidak terjadi seorang Perempuan usia 21 tahun memiliki seorang anak berusia 34 tahun. Atau pria bernama Agus Sujono dicantumkan sebagai saudara perempuan oleh pengguna lainnya.


Keamanan
   Sistem keamanan Facebook saat ini adalah adalah dengan memasukkan perangkat pribadi (phone cell, PC, Laptop)  yang diperbolehkan untuk melakukan login ke account Facebook. Jadi user yang bisa login ke accountnya hanya melalui perangkat-perangkat yang telah didaftarkannya. Jika ada orang lain atau sang user mencoba melakukan login dengan menggunakan perangkat lain yang tidak terdaftar maka Facebook akan mengirimkan pesan melalui email, sehingga user dapat melakukan pencegahan secara lanjut.
Untuk menggunakannya, user Facebook harus mengaktifkan fasiliatas keamanan ini melalui Account Security yang berada di dalam Account Setting. Kemudian anda mendaftarkan perangkat-perangkat pribadi yang diperbolehkan untuk mengakses Account anda.
Bagi user yang ingin melakukan login dengan perangkat yang belum diaftarkan maka user tersebut harus menjawab beberapa pertanyaan.
Manfaat Positive
1.       Membantu kita untuk mendapatkan teman baru,
2.       Membantu kita untuk bertemu teman lama,
3.       Membantu kita untuk mendapat pacar baru hehe :D,
4.       Bisa membantu kita berkomunikasi dengan saudara kita yang jauh,
5.       Sebagai tempat untuk mempromosikan bisnis kita,
6.       Kita bias mendapat informasi yang kita belum ketahui,
7.       Sebagai tempat curhat (GALAU).

Manfaat Negative
1.       Membuat pelajar menjadi malas untuk belajar,
2.       Menyindir orang,
3.       Berselingkuh,
4.       Penipuan,
5.       Memberikan kesempatan bagi para orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan berbagai tindakan kejahatan,
6.       Boros, karena membuat kita beli pulsa dan ke warnet terus.


Referensi:
http://www.asal-usul.com/2009/03/facebook-data-dan-fakta-sejarah.html
http://forum.vivanews.com/iptek/68694-inilah-sejarah-perkembangan-facebook-dari-tahun-ke-tahun.html
http://finance.detik.com/read/2012/03/08/142658/1861534/4/4-pendiri-facebook-jadi-pemuda-terkaya-di-dunia?9911012
http://ribunni.wordpress.com/2012/03/09/ulasan-tentang-facebook/
http://www.brainwares.com/2011/06/bckf/
http://www.anneahira.com/artikel-facebook.htm
http://teknologi.kompasiana.com/internet/2010/08/29/catatan-tentang-kekurangan-facebook/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar