Tutorial Blog

Minggu, 18 November 2012

Warna atau Gambar Bukan Faktor Menentu Baik Tidaknya Website


Assalamualaikum . . .

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang “Warna atau Gambar Bukan Faktor Menentu Baik Tidaknya Website”

Bismillah . . .

Dulu kita berlomba-lomba untuk membuat website kita terlihat bagus atau menarik untuk mendapat banyak pujian. Sampai kita membuat tampilan segitu ribetnya ada dialog text yang muncul, yang benar-benar membuat orang merasa tidak nyaman, apalagi ditambah dengan adobe flash untuk membuat gambar bergerak yang malah membuat website kita lambat untuk dibuka, orang-orang pun semakin malas berkunjung ke website kita dan pada akhirnya akan ditinggalkan website kita.

Jadi apa yang membuat orang suka melihat website kita ??

Jawabanya ialah tampilan yang simple dengan penempatan isi yang pas. Kenapa begitu, karena orang tidak suka segala sesuatu yang ribet, orang lebih suka dengan tampilan yang simple atau sederhana yang penting dibukanya cepat. Lalu kenpa saya bilang “Penempatan Isi yang Pas”, karena yang pertama dilihat oleh mata manusia yaitu ditengah, kenapa demikina karena mata manusia selalu berfokus ketengah, jadi kalau kita menaruh isi di pojok kiri atau di pojok kanan itu hal yang terakhir yang akan dilihat manusia.

Kita ambil contoh yaitu jejaring sosial Facebook.com dengan detik.com. Banyak yang bertanya-tanya, Kenapa orang-orang lebih suka membuka Facebook.com dari pada detik.com ?? Padahal tampilan Facebook.com haya begitu saja.

Pertama karena tampilannya yang simple lihat saja Facebook.com, tampilannya hanya dengan warna biru dan putih dengan foto kecil di pojok kirinya, lalu ditambahkan dengan fitur-fitur yang ada di kiri dan di kanannya itu pun dibuat sekecil mungkin atau se-efisien mungkin, dibandingkan dengan detik.com, tampilannya yang begitu ramai dengan background bergambar, lalu terlalu banyak kotak-kotak atau banner yang memisahkan berita.

Kedua isi, kenapa isi? Karena di Facebook kita bisa menge-share segala sesuatu, misalnya: berita, kutipan rohani, foto, dll. Dan yang paling orang suka yaitu menge-share status atau update status dengan update status kita bisa sekalian sharing atau bertukar pikiran dari masalah umum sampai dengan masalah pribadi. Sedangkan detik.com, jarang orang yang minat untuk membukanya karena orang-orang jarang tertarik untuk membaca suatu berita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar