Assalamualaikum . . .
Pada postingan kali ini saya akan
membahas tentang “Warna atau Gambar Bukan Faktor Menentu Baik Tidaknya Website”
Bismillah . . .
Dulu kita berlomba-lomba untuk
membuat website kita terlihat bagus atau menarik untuk mendapat banyak pujian.
Sampai kita membuat tampilan segitu ribetnya ada dialog text yang muncul, yang
benar-benar membuat orang merasa tidak nyaman, apalagi ditambah dengan adobe
flash untuk membuat gambar bergerak yang malah membuat website kita lambat
untuk dibuka, orang-orang pun semakin malas berkunjung ke website kita dan pada
akhirnya akan ditinggalkan website kita.
Jadi apa yang membuat orang suka
melihat website kita ??
Jawabanya ialah tampilan yang
simple dengan penempatan isi yang pas. Kenapa begitu, karena orang tidak suka
segala sesuatu yang ribet, orang lebih suka dengan tampilan yang simple atau
sederhana yang penting dibukanya cepat. Lalu kenpa saya bilang “Penempatan Isi
yang Pas”, karena yang pertama dilihat oleh mata manusia yaitu ditengah, kenapa
demikina karena mata manusia selalu berfokus ketengah, jadi kalau kita menaruh
isi di pojok kiri atau di pojok kanan itu hal yang terakhir yang akan dilihat
manusia.
Kita ambil contoh yaitu jejaring
sosial Facebook.com dengan detik.com. Banyak yang bertanya-tanya, Kenapa
orang-orang lebih suka membuka Facebook.com dari pada detik.com ?? Padahal
tampilan Facebook.com haya begitu saja.
Pertama karena tampilannya yang
simple lihat saja Facebook.com, tampilannya hanya dengan warna biru dan putih
dengan foto kecil di pojok kirinya, lalu ditambahkan dengan fitur-fitur yang
ada di kiri dan di kanannya itu pun dibuat sekecil mungkin atau se-efisien
mungkin, dibandingkan dengan detik.com, tampilannya yang begitu ramai dengan
background bergambar, lalu terlalu banyak kotak-kotak atau banner yang
memisahkan berita.
Kedua isi, kenapa isi? Karena di
Facebook kita bisa menge-share segala sesuatu, misalnya: berita, kutipan
rohani, foto, dll. Dan yang paling orang suka yaitu menge-share status atau
update status dengan update status kita bisa sekalian sharing atau bertukar
pikiran dari masalah umum sampai dengan masalah pribadi. Sedangkan detik.com,
jarang orang yang minat untuk membukanya karena orang-orang jarang tertarik
untuk membaca suatu berita.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar