Tutorial Blog

Selasa, 01 Maret 2011

LaTex

Pengertian LaTex ::

LaTex adalah bahasa markup atau system penyisipan dokumen untuk peranti lunak TeX. LaTeX paling banyak digunakan oleh para matematikawan, ilmuwan, insinyur, akademis dan profesional lainnya.TEX adalah bahasa pemrograman yang diciptakan khusus dan menjadi bagian utama dari sistem pengaturan teks hasil pengetikan (typesetting system) yang menghasilkan dokumen/publikasi teks dan matematis yang berkualitas. TEX diciptakan oleh Prof. Donald Knuth sekitar tahun 1978. Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan LATEX. LATEX merupakan user interface dari TEX. Leslie menciptakan LATEX untuk mengotomatisasi semua perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen.


Sejarah LaTex ::


Awalnya sekitar akhir tahun 1970 Prof.Donald Knuth menciptakan TEX untuk merevisi volume kedua dari magnum opusnya yaitu the art computer programming karena banyak symbol matematika yang tidak dapat dicetak dengan sempurna pada masalah itu.



Dalam perkembangan TEX  tersedia untuk berbagai macam komputer dan berbagai macam system operasi dan dirancang secara spesirik sehingga file masukkan (file yang mengandung perintah-perintah pengolah kata, ini bukan system WYSIWYG) akan menjadi portable dan menjadi keluaran yang sama disegala macam system operasi yang memprosesnya, pemenggalan kata yang sama, pergantian baris, pergantian halaman dll.



Pada tahun 1985 Leslie Lamport di Digital Equipment Corporation menciptakan LATEX. LATEX merupakan user interface dari TEX. Leslia menciptakan LATEX untuk mengotomatisasi semua perintah umum untuk menyiapkan sebuah dokumen. Dengan menggunakan Latex antara penulis dengan typesetter dapat dengan mudah menggunakan kemampuan pengaturan tulisan yang dimiliki oleh TEX tanpa harus memahami underlying language. LATEX sangat dianjurkan untuk semua orang kecuali professional typographic programmer dan peneliti computer yang ingin mempelajari TEX.



Saat ini LATEX dan TEX tersedia bebas di internet dan dapat digunakan oleh perorangan.

LATEX pada dasarnya program yang dibuat sebagai typesetting tool. Secara garis besar langkah pembuatan dokumen dengan LATEX adalah sebagai berikut: mula-mula dokumen diketik pada suatu teks editor, kemudian ditambahkan perintah-perintah LATEX untuk mengatur isi dokumennya. Setalah seluruh dokumen telah dilengkapi dengan perintah LATEXnya, dokumen tersebut harus dicompile untuk menghasilkan output berupa dokumen yang diinginkan. Hasil dokumen tersebut dapat berupa dokumen *pdf, *dvi, atau *ps.

Keunggulan LaTex ::

1. Standard yang sangat baik untuk menyiapkan tulisan teks, formula teknis, dan tebel-tabel
2. Kemudahan penggunaan oleh penulis naskah
3. Portabilitas dokumen pada berbagai platform
4. Adaptabilitas terhadap banyak bahasa (multilingual support)
5. Ketersediaan secara meluas dan bebas
6. Dukungan dan pemeliharaan yang handal dari kelompok LaTeX3 yang dipimpin oleh Frank Mittelbach.

Kegunaan LaTex ::

Untuk membuat suatu karya ilmiah, paper, skripsi, atau bahkan buku. Karena dengan LaTeX kita dapat memformat bentuk dokumen kita menjadi artikel, buku, laporan atau bahkan surat dengan sangat mudah.

Ada 10 alasan kenapa LaTeX dipilih oleh para ilmuwan ::
  • Keluaran TeX selalu yang terbaik, baik tulisan, gambar, rumus, format, tanpa bergantung pada peralatan tambahan, huruf tambahan. Baik untuk dokumen sederhana maupun dokumen yang rumit. Bayangkan menulis rumus dalam Microsft Words(TM), yang harus bergantung pada Microsoft Equation(TM), bagaimana jika rumusnya rumit-rumit, atau hurufnya besar kecil, sesuatu yang tidak muncul dalam tulisan sehari-hari? LaTeX juga menyediakan semua peralatan untuk membuat tabel, cross-references, hyper-links, yang bisa dilakukan dengan mudah. Karena kemudahan dan keunggulan dalam menuliskan rumus-rumus yang ajaib, maka TeX adalah pilihan terbaik untuk dokumen-dokumen ilmiah. Dan itu dilakukan menggunakan penulisan text standar saja.
  • LaTeX dan typesetting, LaTeX bisa mengatur simbol untuk variabel, berapa besar dan ruang yang dibutuhkan bagi notasi, superscript dan subscript, dsb. Bagan, flow chart, not balok, atau gambar rangkaian dapat dikerjakan dengan mudah. Bahkan dari penulisan standar bisa digunakan untuk menuliskan karakter-karakter bahasa di seluruh muka Bumi. Dengan demikian setiap dokumen dengan mudah mengikuti standar penulisan yang dibutuhkan, per se, tanpa harus berpusing-pusing mengatur format, setiap kali menulis.
  • LaTeX selalu cepat, karena untuk menulis dalam LaTeX bisa saja menggunakan text standard, maka menggunakan notepad pun bisa dilakukan, yang berarti mengirit ruang dan memori komputer.
  • LaTeX selalu stabil, sejak diperkenalkan, dipergunakan oleh jutaan orang, tidak pernah ada keluhan berarti, bahkan banyak yang membantu mengembangkannya. Stabil berarti LaTeX itu bekerja, dan akan terus bekerja, karena semakin banyak orang yang mempekerjakannya.
  • LaTeX itu luwes, setiap institusi, setiap jurnal punya gayanya sendiri, dan tidak hanya dalam 'gaya' yang ada di luarnya, tetapi juga dalam pengembangan engine-nya; tetapi terlepas semua pilihan yang dipergunakan, inti terdalam LaTeX itu selalu tetap sama.
  • Input yang selalu text. Dengan demikian, maka bekerja bisa dilakukan di komputer model apa saja, sistem operasi apa saja, dan untuk keperluan apa saja, jauh dari hanya sekedar pengolah-kata, tetapi bisa dikembangkan untuk basis data, atau keperluan yang memerlukan sumber daya yang besar, tetapi tidak boros.
  • Keluaran bisa berupa apa saja, dari sekedar untuk keperluan pencetakan, seperti pdf, ps, atau sekedar menampilkan seperti html, bahkan terbuka untuk pengembangan yang belum terpikirkan sebelumnya.
  • LaTeX itu gratis.
  • LaTeX itu bisa digunakan di mana saja, tanpa memandang sistem operasi, jenis komputer, atau jenis media.
  • LaTeX itu standar. Banyak penerbitan ilmiah dan Jurnal mempergunakan laTeX sebagai standar penyusunan dokumen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar