Tutorial Blog

Minggu, 04 November 2012

Pengaruh Teknologi terhadap Kebudayaan



Assalamualaikum . . .

Pada postingan kali ini saya akan membahas tentang “Pengaruh Teknologi terhadap Kebudayaan”

Bismillah . . .



Mendengar kata “BUDAYA” pastinya kita tidak asing lagi untuk mendengarnya, karena kita sebagai bangsa Indonesia mempunyai banyak sekali ragam budaya dan ragam bahasa. Bagaimana tidak dari Sabang sampai Merauke dengan beribu-ribu pulau, suku, adat, dan bahasa, itu yang membuat daya tarik Indonesia sebagai Negara yang kaya akan budayanya.
Soal budaya, Indonesia sebagai Negara Timur sangat berbeda dengan budaya Negara Barat. Karena rata-rata orang Timur sangat menjunjung tinggi nilai-nilai kebudayaannya sendiri. Menurut mereka budaya adalah aset terpenting untuk melestarikan daerahnya dan itu sudah diwariskan secara turun-temurun. Yang sudah menjadi ciri khas budaya Indonesia secara turun-temurun yaitu, Sopan, Santun, Tata Krama Pergaulan, Taat, Menghormati, Menghargai, Menjunjung Tinggi Adat. Bagi Indonesia budaya adalah sebagai jembatan menuju kesuksesan, Perubahan dalam hidup boleh terjadi tetapi ragam budaya Indonesia tidak akan terlupakan. Misalnya, pada pesta pernikahan, biasanya mempelai pria membawa 1 pasang roti buaya (pria dan wanita), untuk simbol kesetiaan pada pasangannya. Ini adalah bukti Indonesia selalu mendepankan kebudayaannya, walaupun kemajuan begitu pesat budaya Indonesia tidak akan hilang.
Pada prinsipnya setiap manusia menginginkan perubahan pada segi apapun itu baik adaya. Dari segi bidang banyak yang berpacu untuk kemajuan salah satunya adalah dalam bidang teknologi. Beragam teknologi yang diciptakan memungkinkan untuk kita bebas memilih apa yang di butuhkan. Sekarang teknologi sudah terjadi dalam kehidupan kita. Perkembangan teknologi baik adanya jika sesuai apa yang kita harapkan. Karena teknologi diciptakan untuk memenuhi kebutuhan manusia, banyak sekali yang menyalahgunakannya. Misalnya, dalam teknologi internet bila kita menggunakannya dengan benar sangat membantu untuk mencari informasi yang dibutuhkan dan juga ada yang menyalah gunakan internet untuk mengases situs-situs porno yang justru di akses oleh kaum muda, sehingga sudah banyak pernikahan dibawah umur saat ini, hal ini yang membuat pergeseran dari norma asusila dalam hidup kaum muda tersebut. Ini adalah contoh dari kehidupan sehari-hari kita.
Contoh lain adalah yang paling hangat pada saat ini yaitu kasus penculikan dan pemerkosaan yang marak dibicarakan yang justru menjadi korbanya adalah pelajar wanita, pada awalnya hanya berkenalan lewat sosial media online FaceBook dan dengan begitu mudahnya dapat mengases hal-hal pribadi dan menyebar luaskan ke sesama teman, akibatnya hal tersebut mengundang pelaku untuk melakukan kejahatan dalam dunia maya ini merupakan efek dari teknologi modern.
Dalam upaya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dalam lingkungan masyarakat harus kerja extra, karena nilai-nilai budaya pada saat ini sudah mulai terlupakan dalam kehidupan masyarakat. Mereka yang mampu bertahan pada perkembangan teknologi yang semakin canggih, tentunya merekan akan dapat kehidupan yang mereka inginkan, begitupun sebaliknya.
Setinggi apapun teknologi yang ditawarkan oleh kita kalau saja kita salah menggunakannya tentu hidup kita akan hancur atau salah jalan, akhirnya aka nada yang dikorbankan pada kejadia tersebut. Itu semua tergantung pada kita apakah kita dapat memaksimalkan teknologi tersebut atau kita yang akan terjerumus pada teknologi dan menghilangkan nilai-nilai budaya kita.

Sumber Referensi:
http://sosbud.kompasiana.com/2010/02/12/pengaruh-perkembangan-teknologi-dalam-masyarakat-terhadap-pergeseran-nilai-%E2%80%93-nilai-budaya/

1 komentar:

  1. perkembangan teknologi akan berkembang beriringan dengan perkembangan budaya di negeri ini, MERDEKA...

    Teknologi Untuk Budayaku dan Bangsaku

    BalasHapus