Tutorial Blog

Minggu, 16 Desember 2012

UBIQUITOUS


Kata UBIQUITOUS memang terasa asing didengar oleh sebagian orang bahkan ada yang belum pernah dengarnya, yang kita tahu smart ac, smart car, smart home dan sebagainya, tapi kita tidak tahu bahwa produk-produk tersebut termasuk UBIQUITOUS. Kata ‘UBIQUITOUS’ menurut kamus Merriam-Webster bisa diartikan sebagai ‘ada di berbagai tempat dalam waktu yang sama’. Maksudnya adalah produk dari UBIQUITOUS sudah ada dimana-mana. Sehingga konsep yang di pakai dalam UBIQUITOUS yaitu ‘UBIQUITOUS COMPUTING’ yang arti sempitnya adalah sebagai kemampuan akses ke sebuah network (internet) di mana saja. Ubiquitous Computing di ciptakan oleh Mark Weiser pada tahun 1988 selama masa jabatannya sebagai Chief Technologist dari Xerox Palo Alto Research Center (PARC).

Saya akan membahan salah satu produk UBIQUITOUS yaitu ‘Smart Car’. Di seluruh dunia anda dapat melihat bahwa semua orang sudah dapat terhubung ke internet, bahkan sudah banyak orang yang membawa komputer ke berbagai tempat, tapi sekarang di mobil memiliki hal yang sama yaitu sudah bisa terhubung dengan internet yang diberi nama Sci-Fi. Memang dalam hal ini produk mobil sangat terlamabat dari produk yang lain, karena produsen berfikir teknologi internet dalam mobil tidak membantu dan hanya berlangsung dari lima sampai sepuluh tahun. Tapi itu berubah saat dilakukan penelitian oleh KPMG yang telah mewawancarai 200 esekutif top dalam industri mobil dan consensus yang luar biasa adalah konektivitas internet dan smart car adalah kenyataan.

Koneksi untuk smart car kemungkinan besar harus 3G atau standar mobile internet, karena itu satu-satunya yang layak untuk konektivitas internet untuk kendaraan yang bergerak. Sudah ada beberapa contoh dari hal ini, tapi sudah sebagian besar diturunkan ke high-end mobil. Tapi dengan berkembangnya teknologi kini sudah ada mobil yang bisa nelepon dengan menggunakan suara, jadi kita tinggal sebutkan saja nama yang sudah kita simpan sebelumya beserta nomornya dan akan automatis nelepon orang tersebut, aja juga rem automatis dengan menggunakan sensor yaitu bila mobil didepan kita melakukan rem mendadak dan dengan jarak beberapa meter sensor akan bekerja dan akan automatis akan mengerem tanpa kita injak remnya, dan ada lagi mobil yang bisa parkir sendiri cara kerjanya kita tinggal pencet tombol yang ada didalam mobil maka dengan sensor yang sudah disediakan maka tanpa melakukan apa-apa mobil akan automatis bergerak dan parkir secara mulus. Diatas adalah beberapa contoh untuk smart car, mungkin suatu saat kita akan melihat mobil yang akan automatis jalan sendiri menuju tujuan yang kita inginkan.



Sumber referensi :

http://en.wikipedia.org/wiki/Ubiquitous_computing
http://news.softpedia.com/news/Internet-Connected-Smart-Cars-to-Become-Ubiquitous-Car-Industry-Execs-Believe-244681.shtml

Tidak ada komentar:

Posting Komentar